Susu untuk Ibu Hamil

Susu untuk ibu hamil adalah pelengkap nutrisi ibu hamil. Nutrisi dalam susu bisa menjadi tambahan atau memenuhi kebutuhan asam folat, protein, DHA, dan AA ibu selama kehamilan disamping mengkonsumsi makanan alami sehari-hari yang mengandung nutrisi tersebut. Susu bukan merupakan makanan utama ibu hamil dan bukan pula pengganti makanan pokok sehari-hari. Makanan sehari-hari yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tetaplah harus dikonsumsi agar kebutuhan ibu dan janin terpenuhi.
Seorang ibu yang sedang hamil kadang kala mengalami gangguan nafsu makan, mual dan muntah jika hendak makan atau hanya sebatas mencium aroma makanan. Hal ini akan menyebabkan kekurangan gizi pada ibu hamil. Susu bisa dijadikan pilihan untuk menyuplai nutrisi dan mengatasi masalah gangguan makan pada ibu hamil.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih susu untuk ibu hamil adalah kandungan nutrisinya. Pada usia kehamilan trimester pertama pilihlah susu yang memiliki kandungan vitamin B6 lebih tinggi untuk mengatasi mual(morning sickness). Selain vitamin B6, perhatikan pula kandungan DHA dan asam folatnya. Keduanya sangat dibutuhkan untuk perkembangan pembentukan saraf dan otak janin.
Pada saat usia kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga, pilihlah susu yang mengandung zat besi lebih tinggi. Ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi susu dengan zat besi tinggi untuk mencegah anemia, dan terjadinya bayi lahir prematur. Zat gizi lain yang perlu diperhatikan adalah fruktooligosakarida(FOS) yang dapat mencegah gangguan konstipasi. Selain itu lihat juga kandungan kalsium yang sangat berguna untuk pembentukan gigi dan tulang serta menjaga ibu hamil dari osteoporosis.

Ibu hamil dapat mengkonsumsi susu sapi ataupun susu kedelai. Susu sapi memiliki kandungan gizi yang bagus dan lengkap seperti protein, gula susu, kalori, mineral dan vitamin. Sedangkan susu kedelai mengandung zat besi yang lebih tinggi dari susu sapi. Sebaiknya sesuaian konsumsi susu sesuai dengan kebutuhan gizi per trimester.
Susu merupakan pelengkap nutrisi ibu hamil oleh karena itu dalam mengkonsumsi susu sebaiknya tidak berlebihan(cukup 2 gelas sehari) karena jika berlebihan juga dapat membahayakan bayi.

Google+ Followers