Makanan untuk Ibu Hamil Agar Anak Cerdas

Kehamilan adalah salah satu anugrah terindah dalam kehidupan orangtua.Setiap pasangan orang tua mengharapkan kelahiran seorang anak dengan selamat dan tak kurang satu apapun apalagi cacat. Selain itu setiap orang tua juga pasti mendambakan melahirkan seorang anak yang cerdas.

Masa Kehamilan merupakan saat yang menentukan pertumbuhan dan perkembangan janin. Sedangkan kesehatan(tumbuh dan kembang) janin semua tergantung dari ibunya. Seorang ibu yang sedang mengandung wajib merawat dan menjaga baik-baik janin di rahimnya. Salah satunya adalah dengan asupan makanan ibu hamil yang bergizi karena hanya ibu yang mampu menciptakan potensi bayi dalam kandungan akan terlahir bahagia(sehat dan cerdas) atau sengsara.


Berikut beberapa Makanan untuk Ibu Hamil agar anak cerdas ala Rasulullah SAW
1. Buah Pir
Buah Pir adalah buah yang mengandung banyak air yang manis dan mengandung banyak vitamin.
Rasulullah SAW bersabda "Makanlah buah pir karena buah itu dapat membuat terang penglihatan dan menumbuhkan rasa cinta di hati. Dan berikanlah buah ini kepada ibu yang sedang mengandung karena dapat mempercantik anak kalian"

2. Buah Kurma
Imam Ali bin Abi Thalib berkata:
“Tidak ada makanan dan obat yang dimakan oleh perempuan yang sedang hamil lebih utama dari buah kurma yang segar (rathab),
karena Allah azza wa jalla berfirman kepada Siti Maryam:
"Goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu" (QS. Maryam: 25-26).
Hadits ini bersumber dari Imam Ja’far Ash-Shadiq. (Mustadrak Al-Wasail 2: 619, hadits ke 3)

"Diceritakan oleh Jumaah bin Abdullah yang disampaikan oleh Marwan yang mendapat berita daripada Ibnu Hashim bahawa Amir bin Saad mendengar bapaknya meriwayatkan Rasulullah Sallallahu alaihi Wasallam bersabda : "Barangsiapa yang makan 7 biji tamar ajwah dia akan terkawal daripada kejutan syaitan dan sihir pada hari itu".

Buah kurma kaya akan gizi dan vitamin.  Kandungan buah kurma antara lain zat besi, kalsium, fosforus, sodium, potasium, vitamin A dan C.  Kandungan gizi yang ada dalam buah kurma sangat cocok untuk dikonsumsi para ibu hamil sebagai buah-buahan yang menyehatkan.  Di Indonesia sendiri buah kurma mudah untuk kita temui dan kita dapatkan.  Terutama di bulan Ramadhan, buah kurma ini bertebaran dimana-mana bahkan mall pun banyak yang menyediakannya.


3. Luban
Rasulullah saw bersabda:
“Berilah makanan dari Luban isterimu yang sedang hamil, karena jika bayimu dalam perut ibunya diberi makanan dari Luban ia dapat menambah kecerdasan akalnya. Jika ia laki-laki akan menjadi orang yang pemberani, dan jika perempuan pinggulnya akan besar sehingga kelak menjadi bagian yang baik bagi suaminya.” Hadis ini bersumber dari Sufyan Ats-Tsauri dari Abu Ziyad dai Imam Hasan bin Ali. (Al-Wasail 15: 136, hadits ke 1).

Untuk di Indonesia, hampir tidak ditemui pohon Luban, untuk mendapatkannya anda bisa mencarinya di toko online.

4.Semangka
Rasulullah saw bersabda:
“Tidak ada seorang perempuan hamil yang makan buah semangka, kecuali anak yang dilahirkan olehnya wajah dan fisiknya bagus.” (Hadits ini bersumber dari Abul Abbas Al-Mustaghfiri dalam kitab Thibbun Nabi dikutip oleh Mustadrak Al-Wasail 2: 619)


Manfaat Semangka untuk ibu hamil
  • Mengurangi rasa muas semasa kehamilan
  • Sumber cairan untuk mencegah dehidrasi
  • Mencegah kram otot yang sering dialami ibu hamil
  • Menekan risiko preclamsia ibu hamil
  • Nutrisi janin untuk otak, otot, penglihatan, sistem imunitas, dan saraf janin
5. Kelapa
Rasulullah saw bersabda:
“Berilah makanan istrimu yang sedang hamil buah kelapa, karena ia dapat menjadi sebab anakmu berakhlak baik.” Hadits ini bersumber dari Sayyid Ar-Rawandi (Mustadrak Al-Wasail 2: 619, hadis ke-2)


Itulah beberapa makanan atau buah-buahan untuk ibu hamil agar anak cerdas ala Rasulullah. Wallahu A'lam

Selanjutnya masih ada lagi cara agar anak menjadi pintar dan cerdas (setelah anak tersebut lahir)
Baca selengkapnya >> Cara Agar anak Cerdas dan Pintar