Tips Diet untuk Ibu Hamil

Pada keadaan tertentu, dokter kandungan dapat memberi saran ibu hamil untuk diet. Diet yang tepat adalah mengatur asupan nutrisi yang baik, seimbang dan bergizi. Selain nutrisi itu diet juga berhubungan dengan soal olahraga, dan perawatan diri, sebelum, saat dan setelah kehamilan.

Diet ibu hamil sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter kandungan dan ahli gizi. Ibu hamil secara umum dapat melakukan diet antara lain:
  • Makan sesuai kebutuhan(tidak kurang dan tidak berlebihan)
  • Tidak makan makanan yang berbahaya dan rendah gizi
  • Makan dengan porsi kecil namun sering
  • Penuhi kebutuhan cairan dengan minum air yang cukup
  • Konsumsi Vitamin
  • Makan buah dan sayur(berserat)
Akan tetapi tidak semua ibu hamil memiliki kondisi dan kebutuhan yang sama. Terdapat beberapa kondisi khusus sehingga pola diet ibu hamil berbeda-beda.

Diet untuk Ibu Diabetes
jika seorang ibu hamil tubuhnya tidak memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup untuk memproses glukosa dalam tubuh saat masa kehamilan sehingga memiliki risiko tinggi terkena diabetes gestasional. Diet Ibu Hamil Diabetes adalah menjaga kadar gula darah.

Diet untuk Ibu Hamil Hipertensi
Makanan yang harus diperhatikan untuk diet ibu hamil hipertensi adalah kadar garam dalam makanan harud rendah dan banyak makan makanan yang mengandung potasium dan magnesium.

Diet untuk Ibu Hamil Anemia
Ibu hami yang mengalami anemia biasanya dikarenakan pola makan yang buruk sehingga perlu perbaikan asupan nutrisi yang cukup.

Diet untuk Ibu Obesitas
Ibu hamil yang mengalami kenaikan berat badan sehingga menjadi gemuk sebenarnya tidak dibolehkan untuk menurunkan berat badan dengan diet. Agar ibu hamil tidak mengalami obesitas, perlu dilakukan kontrol asupan kalori yang cukup untuk ibu dan janin.

Diet Ibu Vegan(Vegetarian)
Disaat hamil kebutuhan asupan gizi harus mencukupi untuk ibu dan terlebih lagi janin sebagai modal tumbuh kembangnya. Ibu sebaiknya memenuhi kebutuhan tubuhnya dan janin dengan mengurangi atau menghentikan vegetariannya.

Diet Ibu Alergi Makanan
Alergi makanan memang menyusahkan apalagi jika alergi terhadap makanan yang bergizi tinggi dan penting bagi kehamilan. Ibu yang mengalami alergi makanan tertentu sebaiknya mencari alternatif makanan lain yang memiliki gizi setara.

Google+ Followers