Hipnobirth-Cara melahirkan untuk Ibu Hamil Tanpa Sakit

Melahirkan adalah sebuah proses yang harus dilalui seorang ibu hamil untuk mengeluarkan buah hati dari rahim ibu. Proses melahirkan merupakan salah satu hal paling berat dalam kehidupan seorang ibu karena ibu harus menahan rasa sakit yang teramat sangat. Rasa sakit dapat bertambah ketika ibu hamil mengalami panik dan stress yang memicu otot-otot menjadi tegang. Bahkan seorang ibu dapat meninggal karena tidak kuat menahan rasa sakit tersebut.

Kemajuan ilmu pengetahuan telah menemukan beberapa teknik melahirkan yang mengurangi rasa sakit saat melahirkan antara lain adalah dengan bius epidural, bedah caesar, dan hipnobirth. Kali ini penulis akan membahas tentang hipnobirth.

Hipnobirth adalah terapi yang telah dipakai sekitar tahun 1950an di Amerika. Terapi hipnobirth membantu mengurangi rasa sakit dalam proses persalinan yang dipicu oleh feat tension pain concept(ketakutan dan kepanikan) saat proses persalinan. Dengan Hipnobirth ibu hamil akan melahirkan normal tanpa takut rasa sakit serta tanpa obat bius.


Lalu bagaimana hipnobirth bekerja?

Metode hipnobirth dilakukan dengan penanaman sugesti kepada ibu yang akan melahirkan saat kondisi otak sudah berada pada kondisi rileks. Relaksasi yang dalam akan memicu otak mengeluarkan hormon endorphin(penghilang rasa sakit alami)  sehingga rasa sakit persalinan akan berkurang. Hipnobirth harus dilatih agar semakin lancar dan mudah masuk ke kondisi rileks, sehingga jalan keluar bayi semakin mudah terbuka dan ibu tidak akan mengalami kelelahan saat persalinan.

Google+ Followers