Pantangan untuk Ibu Hamil

Ibu yang sedang hamil harus cerdas untuk menjaga calon buah hatinya agar sehat saat dikandungan dan lahir dengan sempurna tanpa cacat. Calon bayi yang ada dalam perut ibu sangat sensitif dengan apa saja yang dilakukan dan dikonsumsi ibunya. Jika ibu tidak berhati-hati maka bayi tersebut beresiko cacat dan atau bahkan keguguran.

Berikut beberapa Pantangan Ibu Hamil yang perlu diperhatikan
1. Merokok
Rokok merupakan sebuah racun yang sangat berbahaya bagi ibu hamil. Didalamnya terkandung 4000 senyawa berbahaya antara lain, Tar, karbon monoksida, nikorin, dan beberapa diantaranya bersifat karsinogenik yang dapat memicu timbulnya kanker. Ibu yang merokok atau menghirup asap rokok orang disekelilingnya beresiko mengalami keguguran, lahir prematur, dan kematian.

2. Minum Obat tanpa resep dokter
Janin memperoleh asupan makanan langsung dari apa yang dikonsumsi ibu. Obat merupakan senyawa kimia yang dapat mempengaruhi janin. Seorang ibu yang sedang hamil sangat berbahaya jika minum obat sembarangan tanpa pengawasan dokter karena dibutuhkan seorang dokter yang tahu mana obat yang aman dikonsumsi oleh ibu dan tidak aman bagi janin.

3. Mengkonsumsi minuman beralkohol
Bahaya yang timbul dari ibu hamil yang mengkonsumsi minuman alkohol saat hamil adalah bayi lahir cacat, keterblakangan mental, malformasi wajah bayi, disfungsi sistem syaraf pusat, dan gagal fungsi organ-organ tubuh.

4.Strees
Ibu hamil yang mengalami stress akan menimbulkan rasa capek, sulit tidur, sakit punggung, sakit kepala dan tegang di bagian kepala belakang hingga punggung. Ada penelitian di USA yang menyebutkan, ibu hamil yang mengalami stres berat di awal kehamilan memiliki kecenderungan melahirkan bayi prematur. Selain itu hormon kortisol penyebab stress dapat mengakibatkan aliran darah ke plasenta terhambat, sehingga aliran oksigen dan makanan terhambat dan dapat menyebabkan perkembangan janin tidak optimal.

5. Mandi Air Hangat
Mandi air hangat terlalu lama dan terlalu panas(lebih dari 35 derajat celsius) dapat memicu kontraksi.

6. Membersihkan Kotoran Binatang
Kotoran binatang mengandung banyak sekali bibit penyakit, parasit, dan lain-lain. Ibu hamil harus berhati-hati dari yang satu ini, jika perlu tidak usah ada kontak dengan binatang selama masa kehamilan.

7. Zat Kima Berbahaya Lain
Zat kima sangat banyak dilingkungan sekitar kita contohnya pestisida, tiner, cat, pembersih lantai, dll. Ibu hamil harus berhati2 dari paparan langsung yang beresiko terhadap kesehatan janin. Hindari kontak langsung, ataupun menghirup gas kimia yang ada di sekitar tempat tinggal.

Semoga Artikel Ibu Hamil mengenai pantangan ibu hamil ini bermanfaat untuk anda.

Google+ Followers