Vitamin Untuk Ibu Hamil - Sumber Nutrisi Penting Bermanfaat

Setiap orang membutuhkan berbagai macam nutrisi untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya. Selain Karbohidrat, Protein, Lemak, dan mineral, masih ada vitamin yang sangat diperlukan oleh semua orang tidak terkecuali ibu hamil. Untuk menjaga kesehatan ibu hamil, dibutuhkan asupan gizi yang cukup dan seimbang. Kadang masyarakat kita masih kurang memperhatikan kebutuhan mineral dan vitamin. Padahal fungsi mineral dan vitamin tak kalah penting dari zat gizi lainnya. Berikut Macam-macam makanan yang mengandung banyak vitamin untuk ibu hamil dan manfaat vitamin bagi ibu hamil.

Vitamin A
Sumber vitamin A antara-lain minyak ikan, minyak goreng, wortel, sayuran hijau, susu, dan kuning telur. Vitamin A berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil, menjaga kulit tetap segar dan sehat saat hamil, sangat dianjurkan untuk penglihatan, menjaga kesehatan gigi dan keindahan rambut agar tidak gampang rontok, dan juga memperkuat kuku supaya tak mudah patah atau sobek.

makanan buah sumber vitamin

Vitamin B1-B12
Sumber makanan yang mengandung banyak vitamin B1 adalah kacang-kacangan, sayuran hijau, gandum, susu, hati, ragi, keju, ikan, telur, pepaya, kentang, jamur, pisang, sayran kering, dan sirup tebu. Vitamin B1-B12 bermanfaat untuk membantu proses pencernaan, menyehatkan lambung dan usus, mengurangi mual dan muntah, menyaipkan produksi ASI yang baik, mencegah gangguan mata, dan kulit, menunjang pertumbuhan embrio janin di awal minggu kehamilan, mencegah perdarahan dan infeksi gigi gusi, membentuk sel otak janin, memelihara sel darah merah dan sistem syaraf pusat janin, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin C
Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin C adalah buah-buahan segar, jeruk, sayuran berwarna merah, kuning, dan hijau. Vitamin C berguna untuk melawan infeksi, menguatkan plasenta, menawar racun, menyembuhkan luka, dan membantu penyerapan zat besi di saluran pencernaan.

Vitamin D
Sumber makanan yang kaya akan vitamin D adalah susu, keju, ikan berlemak, telur, mentega, minyak ikan, dan keju. Vitamin D berguna untuk mempermudah penyerapan kalsium dan masuknya kalsium ke sel tulang dari darah dan jaringan untuk menguatkan tulang.

VitaminE
Sumber makanan yang mengandung banyak vitamin E adalah tauge dan gandum. Fungsi vitamin E antara lain untuk keutuhan dinding dari sel agar tetap terjaga, dan melindungi asam lemak.

Vitamin K
Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin k adalah sayuran hijau dan dibentuk oleh bakteri baik di usus. Fungsi vitamin k adalah membantu proses pembentukan sel darah.


Banyak sekali sumber makanan yang mengandung vitamin-vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh pada masa kehamilan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Google+ Followers